Kenapa Darwati daftarkan diri jadi caleg?

Darwati A Gani, istri mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah resmi mendaftarkan dirinya di Partai Nasional Aceh (PNA), Senin 4 Maret 2013, untuk maju sebagai calon legislatif DPRA pada Pemilu 2014.

Mendaftarnya Darwati ke PNA dilakukan di kantor PNA Kota Banda Aceh yang beralamat di Jalan Taman Sri Ratu Safiatuddin, Bandar Baru, Banda Aceh. Proses pendaftaran dirinya menjadi caleg di PNA diterima langsung oleh Ketua PNA Banda Aceh, Marwan Muhammad.

Lantas mengapa dirinya mendaftarkan dirinya menjadi caleg di PNA? Darwati menjawab, dirinya terpanggil mencalonkan diri pada Pemilu Legislatif 2014 karena selama ini sedikit sekali perempuan yang berkiprah di legislatif baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota.

“Karena masih sedikit perempuan yang terlibat di legislatif dan sebenarnya perempuan juga mampu kenapa kita tidak mencoba,” jawabnya ketika ditanya alasannya mendaftarkan diri sebagai caleg PNA.

Sedikitnya perempuan yang terlibat di lembaga legislatif, dirinya mengajak seluruh perempuan Aceh ikut berkiprah di legislatif. “Saya mengajak perempuan Aceh khususnya untuk ikut berkiprah di legislatif bersama partai lokal PNA yang lebih memprioritaskan keterwakilan perempuan di legislatif,” ujarnya.

Menurutnya, perempuan tidak hanya menuntut hak saja, tapi juga sanggup bekerja berdampingan dengan lelaki.

Ketua PNA Kota Banda Aceh Marwan Muhammad mengatakan, PNA sangat berkomitmen terhadap caleg perempuan. “Sifatnya sangat terbuka. Siapa saja yang ingin bergabung ke PNA, silakan saja mendaftarkan dirinya.”

Ia menyebutkan PNA membuka peluang sebesar-besarnya bagi perempuan Aceh menjadi caleg sebagai komitmen PNA dalam memenuhi kuota 30 persen perempuan di legislatif.[husaini]


Sumber : Bungong.com